Rabu, 04 Maret 2009

Siswa Pingsan Saat Upacara Bendera Karena Lapar.


Siswa Pingsan Saat Upacara Bendera Karena Lapar.  

Setiap hari senin selalu diadakan upacara bendera di halaman sekolah. Upacara baru berjalan 15 menit, ada 4 siswa pingsan. Siswa yang pingsan semuanya anak perempuan. Satu persatu anak yang pingsan dibawa ke ruang UKS, lalu dirawat oleh Tim PMR sekolah.. Setelah siuman, mereka di berikan minuman hangat dan makanan kecil untuk mengisi perutnya. 

Siswa tersebut bercerita bahwa mereka rata-rata berangkat kesekolah tidak sarapan, sehingga dalam mengikuti upacara terasa pusing kemudian terjatuh. Selanjutnya orang tua siswa yang tersebut di panggil kesekolah untuk diberi pembinaan, agar anaknya diberi sarapan sebelum berangkat kesekolah. Selanjutnya di kemudian hari tidak ada lagi siswa yang pingsan dalam mengikuti upacara bendera walau terkena panasnya terik matahari.


Siswa Mencontek Saat Ulangan Semester. 

Sudah menjadi tren bagi anak sekolah sekarang ini, bahwa anak sekolah tidak pernah belajar. Pelajar sekarang sangat rendah dalam hal minat belajar. Berdasarkan hasil survey, bahwa kalau ada ulangan atau ujian 75% siswa tidak mau belajar dengan baik, sehingga mereka hanya mengharapkan meminta jawaban pada temannya atau membuat contekan sendiri. Hasilnyapun juga tidak begitu baik.

Ketika ada ulangan semester, di salah satu kelas diawasi oleh seorang guru yang dianggap killer atau galak. Saat itu ada siswa yang mencoba mencotek. Siswa tersebut di tegur oleh gurunya, lalu siswa tersebut menjadi gugup dan buku yang dipakai untuk mencontek malahan jatuh di bawah meja dan menimbulkan suara gaduh. Sehingga siswa tersebut ditertawakan teman-temannya dan dicaci maki oleh guru pengawas ulangan. Akhirnya siswa yang mencotek tersebut menjadi malu sampai wajahnya pucat pasi. 

Penulis Asim Sulistyo
Pemerhati Pendidikan dan Masalah Sosial
Tinggal di Krakitan, Bayat, Klaten.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Recent Post